DIY Siapkan Rp 246 Miliar untuk Dampak Ekonomi Corona

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY menganggarkan Rp 246 miliar untuk penanganan pandemi Virus Corona Covid-19. Sisi kesehatan, ekonomi dan jaring pengaman sosial untuk masyarakat menjadi titik berat yang akan diurai melalui anggaran tersebut.

Sekda Pemda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengungkap anggaran Rp 246 miliar lebih tersebut dialokasikan untuk tiga pos penting berkait dengan Corona Covid-19 yakni kesehatan, ekonomi dan jaring pengaman sosial. Menurut dia, sisi dampak ekonomi akan mendapat pos paling besar dari anggaran tersebut.

“Anggaran 246 miliar sekian itu akan digunakan untuk penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial. Eksekusi paling besar ada di dampak ekonomi yang muncul akibat virus Corona ini,” ungkap Baskara Aji, Senin (13/4/2020).

Di DIY sendiri, tercatat 76 ribu Kepala Keluarga (KK) belum terkover jaring pengaman sosial dari pemerintah pusat. Jumlah tersebut akan dikover dari APBD yang dianggarkan termasuk 86 ribu lebih pekerja yang sudah di PHK atau dirumahkan perusahaan.

APBD kita itu tinggal angka, duitnya hampir tidak ada. Anggaran 200-an juta lebih itu hitungannya sampai akhir tahun namun posnya bisa berubah karena sifatnya sementara berbeda dengan saat menangani gempa bumi dahulu,” ungkapnya lagi.

Sementara Komisi A DPRD DIY melalui Ketuanya, Eko Suwanto berharap anggaran yang sudah disusun bisa dialokasikan secepat mungkin dan tepat pada sasaran. Pasalnya, dampak Corona Covid-19 begitu terasa di masyarakat dari berbagai lapisan.

“Komisi A mendukung adanya redesain APBD DIY untuk penanganan Corona ini. Namun harapannya ini bisa segera dilaksanakan dan apa yang direncanakan benar-benar tepat pada sasaran,” ungkap Eko. (Fxh)

Sumber : KR Jogja

#rumahdijualcepat #explorejogja #investasirumah #investasiproperti #rumahdijualmurah #yogyakarta #yogyakartaistimewa #jogja #rumahdijual #investasi #kulineryogya #yogya #kulinerjogja #infokampus #investasiproperty #batikjogja #rumahdijualjogja #jogjaistimewa #kampusjogjakarta #jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *