Ilmuwan Singapura Prediksi RI Bebas Corona Pada September, KSP: Kalau Bisa Juni

Jakarta – Tenaga Ahli Utama KSP, Donny Gahral Adian angkat bicara terkait prediksi ilmuwan Singapura yang memprediksi virus Corona di Indonesia akan selesai 100 persen pada bulan September. Donny menyebut jika bisa diselesaikan sebelum hari kemerdekaan Indonesia yakni bulan Juni akan lebih baik.

“Ya kalau bisa Juni selesai ya, sebelum Agustus kan. Karena Agustus kita akan merayakan ulang tahun kemerdekaan. Sebelum Agustus sudah selesai lebih baik, kita lihat saja,” ujar Donny saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Donny mengatakan pemerintah akan mengupayakan lebih cepat dalam menuntaskan permasalahan Corona di Indonesia. Menurutnya, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga larangan mudik jadi kebijakan yang baik untuk mencegah penularan virus Corona agar tidak semakin meluas.

“Intinya pemerintah bekerja keras untuk mempercepat pandemi ini berakhir di Indonesia dengan berbagai kebijakan seperti PSBB, larangan mudik, kemudian mendatangkan alat kesehatan dengan cepat seperti rapid tes, PCR, men-tes sebanyak-banyaknya orang supaya yang positif diindikasi dan kemudian diisolasi,” katanya.

Menurut Donny, berbagai prediksi terkait kapan berakhirnya virus Corona di Indonesia akan menjadi masukan yang dipertimbangkan secara serius. Menurutnya, virus Corona bukan saja berdampak pada krisis kesehatan, lebih dari itu krisis ekonomi juga menjadi perhatian penting untuk secepatnya menyelesaikan wabah tersebut di tanah air.

“Ya banyak sekali prediksi-prediksi dan itu semua basic-nya ada saintifik, jadi kita melihatnya sebagai satu masukan saintifik yang perlu dipertimbangkan secara serius,” katanya.

Seperti diketahui, Laboratorium Inovasi Berbasis Data dari Universitas Teknologi dan Desain Singapura (DDI SUTD) mencoba menjawab ‘kapan pandemi Corona akan berakhir?’. Diperkirakan, Indonesia bisa mulai bebas dari virus Corona mulai Juni. Negara-negara lain cenderung lebih awal mengakhiri COVID-19 di tempat masing-masing.

Prediksi ini bisa diakses di situs web DDI SUTD bertajuk ‘Kapankah COVID-19 Akan Berakhir?’, diakses detikcom, Senin (27/4/2020). Mereka menghitung perkiraan berakhirnya COVID-19 di 131 negara, Indonesia salah satunya.

Berdasarkan pembaruan data per 26 April 2020, Indonesia diprediksi mencapai titik balik dari puncak Corona pada 20 April 2020. Dengan kata lain, bila prediksi ini benar, Indonesia saat ini sudah melalui puncak Corona dengan 450 kasus baru dalam satu hari.

COVID-19 mulai berakhir 97% di Indonesia pada 7 Juni, berakhir 99% pada 24 Juni, dan berakhir 100% pada 7 September 2020.

Sumber : Detik.com

#rumahdijualcepat #explorejogja #investasirumah #investasiproperti #rumahdijualmurah #yogyakarta #yogyakartaistimewa #jogja #rumahdijual #investasi #kulineryogya #yogya #kulinerjogja #infokampus #investasiproperty #batikjogja #rumahdijualjogja #jogjaistimewa #kampusjogjakarta #jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *