Pengangguran di Indonesia Bertambah 60 Ribu Orang

JAKARTA, KRJOGJA.com – Jumlah pengangguran di Indonesia tercatat 6,88 juta orang pada Februari 2020. Angka tersebut naik dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 6,82 juta orang. Kepala BPS Suhariyanto menyampaikan, dengan angka tersebut, dalam setahun terakhir jumlah pengangguran di Indonesia bertambah 60 ribu orang.

“Jumlah pengangguran itu didominasi oleh para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yakni sebesar 8,49 persen,” jelas dia dalam siaran pers online, Selasa (5/5/2020).

Secara presentase penduduk bekerja menurut lapangan pekerjaan utama, tenaga kerja di sektor pertanian pada Februari 2020 masih mendominasi yakni sekitar 29,04 juta orang. Namun, jumlah tersebut juga telah berkurang dari Februari 2019, yang sebesar 29,46 juta.

Berikutnya, pekerja di sektor perdagangan menempati posisi dua yakni sebanyak 18,63 juta orang di Februari 2020. Serupa dengan sektor pertanian, jumlahnya juga terpangkas dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 18,92 juta orang.

Penurunan juga terjadi berdasarkan komposisi penduduk bekerja menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan. Pekerja lulusan SD turun dari 40,51 juta orang menjadi 38,89 juta orang.

Sebaliknya, jumlah angkatan kerja yang merupakan lulusan universitas mengalami peningkatan. Tercatat ada sebanyak 10,23 juta pekerja yang menamatkan bangku kuliah pada Februari 2020, naik dari Februari 2019 yang sebesar 9,75 juta orang.(*)

Sumber : KR Jogja

#rumahdijualcepat #explorejogja #investasirumah #investasiproperti #rumahdijualmurah #yogyakarta #yogyakartaistimewa #jogja #rumahdijual #investasi #kulineryogya #yogya #kulinerjogja #infokampus #investasiproperty #batikjogja #rumahdijualjogja #jogjaistimewa #kampusjogjakarta #jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *