Mal Jadi Dibuka Lagi? Mendag: Juni Ini Pasti!

Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memastikan mal akan kembali dibuka Juni. Pemerintah juga telah menyiapkan standar operasional (SOP) yang harus diterapkan di dalam mal.

“Tetap, bulan Juni ini pasti,” ungkap Agus di kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Menurut Agus, dalam pembukaan mal ini juga bergantung pada ketentuan masing-masing pemerintah daerah (Pemda). Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemda yang akan membuka kembali mal-mal di wilayah masing-masing.

“Beberapa Pemda ini kita bersinergi. Ini kita komunikasikan terus. Mereka juga minta bagaimana protokol yang tepat, ini dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan dan BNPB. Ini sinergi, dan keluarnya nanti 1 pintu,” jelas Agus.

Secara keseluruhan, pihaknya telah menyiapkan 5 fase pembukaan sektor perdagangan dengan menerapkan skema new normal yang dinamakan exit strategy COVID-19 oleh Kemendag, tak hanya di mal, tetapi juga toko swalayan, pasar tradisional, toko obat atau farmasi, serta kawasan hiburan dan pariwisata.

“Aktivitas yang akan dibuka dalam new normal meliputi pasar rakyat, toko swalayan, restoran, toko obat, pusat perbelanjaan atau mal, dan restoran di rest area, dan di tempat hiburan serta pariwisata,” terangnya.

Nantinya, untuk pembukaan mal pihaknya akan mengatur ketentuan yang menyesuaikan protokol kesehatan di dalam gedung seperti pembatasan jam operasional, jumlah pengunjung, dan sebagainya.

“Yang kemarin ini kan banyak pusat perbelanjaan yang tutup. Nah ini harus kita buka mulai minggu depan dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta Ellen Hidayat juga mengatakan hal yang tak jauh berbeda, yakni pembukaan mal di awal Juni 2020. Namun, pernyataan itu terbantahkan ketika Gubernur DKI Jakarta mengatakan pembukaan kembali mal-mal di awal Juni hanyalah imajinasi.

Ellen mengatakan, operasional mal di wilayah DKI Jakarta akan dilakukan mulai 5 Juni 2020. Hal itu akan berlaku jika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah Jakarta tidak diperpanjang dan berakhir 4 Juni 2020.

“Kan PSBB tanggal 4 selesai, ya tentu kita beranggapan tanggal 5 sudah boleh buka dong. Sekarang ditutup karena ada PSBB, di kota-kota lain nggak ada PSBB, buka,” kata Ellen kepada detikcom, Senin (25/5/2020).

Dalam pengoperasiannya nanti, Ellen memastikan anggota APPBI akan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Menanggapi hal itu, Anies menegaskan tak ada keputusan soal tanggal beroperasinya kembali pusat perbelanjaan atau mal. Anies mengingatkan belum ada aturan mengenai berakhirnya masa PSBB.

“Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan bahwa mal akan buka tanggal 5, mal akan buka tanggal 7, itu imajinasi, itu fiksi. Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri,” kata Anies saat memantau arus balik mudik Lebaran 2020 di check point Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5/2020).

Anies menyatakan selalu memberi penjelasan PSBB bisa diakhiri, tetapi bisa juga diperpanjang. Berakhir atau tidaknya penerapan PSBB tergantung pantauan terhadap aktivitas masyarakat.image.gif

“Dan saya selalu mengatakan PSBB ini bisa PSBB penghabisan, tapi bisa juga diperpanjang, tergantung pantauan atas kegiatan masyarakat selama dua minggu ini,” ucap Anies.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *