Warga Mampu Kembalikan Bantuan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya mengapresiasi kesadaran warga yang sudah terbangun dengan baik. Terutama bagi warga terdampak pandemi Covid-19 namun merasa dirinya mampu sehingga mengembalikan bantuan yang sudah diterima sebelumnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogya Agus Sudrajat, mengaku warga yang mengembalikan bantuan ialah dari penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap kedua yang dari APBD Kota Yogya. “Mereka datang secara mandiri ke kantor kami dan mengembalikan bantuan. Jumlahnya sedang kami petakan karena ada beberapa BST yang juga belum tersampaikan karena berbagai hal,” urainya.

BST bagi terdampak Covid-19 diampu oleh tiga institusi pemerintah yakni Kementerian Sosial, Pemda DIY dan Pemkot Yogya. Khusus untuk Pemkot Yogya diberikan secara dua tahap.

Tahap pertama bagi 4.396 KK pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) 2020, dan tahap kedua sebanyak 872 KK pemegang KMS 2019 yang tahun ini tidak masuk program dan 2.961 KK dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) namun belum diakomodir oleh Kementerian Sosial. Jumlah BST yang disalurkan tetap sama yakni Rp 600.000 perbulan selama tiga bulan periode April hingga Juni. Akan tetapi BST Pemkot Yogya diberikan sekaligus dalam satu paket dengan total Rp 1,8 juta tiap KK serta diantar langsung oleh petugas kantor pos ke rumahnya.

“Untuk BST dari APBD Kota Yogya tahap kedua sudah bisa diselesaikan sebelum lebaran. Tetapi yang tahap pertama masih ada beberapa yang belum selesai. Seperti petugas belum menemukan orangnya, bahkan ada yang mengalami gangguan jiwa sehingga perlu bertemu dengan pengampunya,” urai Agus. (Dhi)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *