Terdengar Bergemuruh, Warga DIY Rasakan Gempa Senin Dinihari

YOGYA, KRJOGJA.com – Warga di DIY merasakan gempa Senin (22/6/2020) dinihari pukul 02.33 WIB. Gempa tersebut berpusat di laut tepatnya 107 kilometer barat daya Pacitan Jawa Timur dengan kedalaman 63 kilometer.

BMKG merilis data gempa tersebut berkekuatan 5,0 skala Richter. Lokasi detailnya berada pada 9.11 Lintang Selatan, 110.85 Bujur Timur.

Gempa kali ini dirasakan hampir sebagian besar masyarakat di lima kabupaten/kota DIY. Bahkan warga yang semula tertidur pun tiba-tiba bangun lantaran merasakan goyangan gempa. Banyak yang mengira gempa berasal dari Merapi yang pagi tadi mengalami erupsi dua kali.

“Dari Jalan Kaliurang km 6,5 terasa sekali. Sampai terbangun dan kaget, karena langsung mikirnya Merapi tapi ternyata gempanya dari laut. Mudah-mudahan tidak ada susulan-susulan,” ungkap Maria salah satu warga.

Warganet pun merespon gempa tersebut di kolom komentar cuitan BMKG di media sosial Twitter. Gempa dirasakan mulai Gunungkidul, Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman dan Kulon Progo. Warganet di Purworejo bahkan juga merasakan termasuk di Magelang, Solo, Klaten, Wonogiri, Tulungagung hingga Malang Jawa Timur.

Warga lain, Indriani juga merasakan getaran saat dinihari tadi. Bahkan, suaranya seperti bergemuruh layaknya angin kencang dan sempat membuatnya terjaga. “Suaranya seperti angin, saya kira angin kencang ga tahunya gempa karena getarannya terasa banget karena tidur di tingkat atas,” ungkap Warga Purwomartani Sleman ini.

Meski bersumber di lautan sedalam 63 kilometer, namun BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami. (Fxh)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *