Genjot Ekonomi, Menteri-menteri Jokowi Ajak Beli Jualan Teman

Jakarta – Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju mendukung kampanye beli jualan teman untuk menggenjot perekonomian. Gerakan beli jualan teman ini dinilai bisa memutar keuangan di dalam negeri, dan pada akhirnya berkontribusi pada perekonomian nasional.

Hal itu pertama dilontarkan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Kita melihat bahwa program beli jualan teman ini sedikit-banyak akan bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian, khususnya perekonomian lokal yang tentu nanti pada gilirannya akan bisa membantu, atau memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional secara umum. Jadi beli jualan teman,” kata Agus Gumiwang ketika ditemui detikcom usai menghadiri rapat kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Sementara itu, menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, gerakan beli jualan teman sama saja dengan mendukung produk dalam negeri.

“Jadi saling menginformasikan antar-teman bahwa kita ini harus membeli produk-produk dalam negeri,” tutur Agus yang juga ditemui detikcom di gedung DPR RI.

Agus juga menuturkan, para pelaku usahanya sendiri harus aktif menginformasikan usaha atau jualannya kepada teman-temannya. Hal ini dinilai bisa membantu penjualannya sendiri.

“Jadi memang kalau teman-teman itu punya usaha, disampaikan ke teman lainnya sehingga mereka yang punya produk bisa dijual antar-teman,” terang Agus.

Lebih lanjut, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki membeberkan saat ini pandemi virus Corona (COVID-19) membuat para pelaku UMKM terpuruk. Oleh sebab itu, sudah saatnya menggencarkan gerakan beli jualan teman untuk menyambungkan ‘hidup’ UMKM.

“Saat ini memang daya beli masyarakat sedang turun, sehingga konsumsi juga turun, banyak produk UMKM yang tidak terserap oleh pasar. Karena itu, ayo kita dukung semua supaya belanja produk UMKM. Karena UMKM 99% pelaku usaha di Indonesia, untuk bangkit dari keterpurukan saat ini, adalah membeli produk UMKM,” imbuh Teten.

Ia pun menyatakan dukungannya pada gerakan beli jualan teman. “Saya Menteri Koperasi dan UKM sangat mendukung gerakan beli jualan teman,” ucap Teten.

Terakhir, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menilai gerakan beli jualan teman juga merupakan langkah untuk memperkuat pasar domestik.

Bahlil mengatakan, membeli jualan teman sendiri akan menjaga perputaran uang di dalam negeri. Ia menilai, membeli jualan teman itu jauh lebih baik dibandingkan upaya lainnya untuk memperkuat pasar domestik.

“Teman-teman semua, saya mengajak untuk kita harus memperkuat pasar domestik. Caranya adalah membeli produk yang punya teman sendiri. Itu jauh lebih baik agar perputaran uang itu terjadi di antara kita sendiri,” tutup Bahlil.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *