Bioskop Jadi Buka 10 September Nggak Ya?

Jakarta – Bioskop di seluruh Indonesia rencananya buka pada 10 September 2020 mendatang. Syaratnya, pengusaha harus sudah mengantongi izin lewat surat keputusan (SK) dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pemerintah daerah masing-masing.

Namun, kenyataannya, sampai hari ini, SK itu tak kunjung terbit. Padahal sebelumnya, kata Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin, SK itu seharusnya sudah terbit pekan lalu.

“Jadi kita menunggu SK-nya (Surat Keputusan) keluar dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kita nggak tau keluarnya kapan apakah besok atau lusa,kita tidak tau, kalau itu sudah dapat baru kita secara lengkap kita akan mempersiapkan ini, berkonsultasi dengan ahli-ahli di Pemda,” ujar Djonny kepada detikcom, Rabu (26/8/2020).

Lalu, saat detikcom kembali mengkonfirmasi soal SK tersebut, Djonny mengaku pihaknya belum menerima SK itu sampai hari ini.

“Belum (menerima SK),” kata Djonny, Selasa (1/9/2020).

Ditanya lebih lanjut, alasan keterlambatan SK itu keluar, Djonny tak dapat banyak berkomentar.

“Wah nggak tahu itu wewenang Pemda kok,” sambungnya.

Di sisi lain, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Gumilar Ekalaya, mengatakan pihaknya belum bisa menerbitkan SK izin pembukaan kembali bioskop lantaran belum menerima surat permohonan dan kesiapan pengusaha soal protokol kesehatan di bioskop.

“Lagi menunggu permohonan dan protokol kesehatan dari pengusahanya. Nanti permohonannya akan di-review oleh tim pemprov,” kata Gumilar kepada detikcom.

Pihaknya tidak memasang tenggat waktu kapan paling lambat pengusaha harus mengajukan permohonan tersebut. Keputusan itu, kata Gumilar dikembalikan kepada kesiapan pihak pengusahanya masing-masing.

“Tidak ada paling lambat sih. Tergantung kesiapan pengusahanya aja,” sebutnya.

Sebelumnya, GPBSI mengatakan kalau SK izin buka bioskop sudah terbit, maka paling lambat seminggu kemudian, bioskop di seluruh daerah di Indonesia bisa dibuka serentak. Awalnya, GPBSI optimis SK bakal keluar sekitar tanggal 28-29 Agustus lalu atau paling lambat tanggal 31 Agustus- 1 September ini. Bila menghitung dari tanggal-tanggal itu, maka kemungkinan bioskop bisa buka tanggal 10 September besok.

Namun, karena sampai hari ini SK itu belum juga terbit, maka kemungkinan, target buka bioskop di seluruh Indonesia bakal mundur lagi dari rencana tersebut.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *