Bioskop di Yogya Sudah Beroperasi, Begini Syarat Mau Menonton

YOGYA, KRJOGJA.com – Bioskop di Yogyakarta yang berada di Jalan Urip Sumoharjo dan Lippo Mall sudah mulai membuka kembali operasional sejak akhir pekan lalu. Beberapa persyaratan diterapkan untuk menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

Kepala Bidang Atraksi Wisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Edi Sugiharto membenarkan sudah beroperasinya kembali bioskop Empire XXI di Kota Yogyakarta. Menurut dia, tidak ada larangan pembukaan kembali lantaran DIY tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan tim gugus sudah melakukan verifikasi meski hasilnya belum keluar.

“Belum (keluar hasil verifikasi) karena kita ada mekanisme yang dilakukan. Mereka sudah mengirimkan self assessment, surat pernyataan sudah, terus kita lakukan verifikasi sudah. Kan ada beberapa tahapan yang perlu dilalui juga, terus melakukan rekomendasi kepada pimpinan. Karena kan tidak PSBB dan bukan zona merah. Poinnya kan gini, Dispar dalam skenario satgas penanganan COVID-19 masuk ke bidang pemulihan ekonomi, artinya selama kegiatan ekonomi menerapkan protokol kesehatan ketat saya kira ini tidak jadi persoalan yang artinya ini jadi tanggungjawab bersama karena ekonomi harus berjalan juga,” ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Edi menyambung pihaknya bersama dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, BPBD, hingga Satpol PP telah mendatangi bioskop tersebut dan memberi masukan agar pengoperasiannya sesuai standar WHO. Tim gugus merekomendasi kapasitas 50 persen dengan jeda waktu 30 menit hingga 1 jam untuk disinfektasi ruangan.

“Untuk jam bukanya, dari informasi yang saya dapat sehari itu kan 5 kali penayangan. Jadi estimasi jam 9-10 buka, siang lah, karena masih masa pandemi juga mereka masih belum bisa full,” imbuh Edi.

Dalam operasional pun menurut Edi ada syarat ketat yakni QR Code sistem online untuk memaksimalkan protokol kesehatan. Selain itu, gugus juga memastikan jeda setelah penayangan film untuk sterilisasi ruangan menonton.

“Mereka sudah ada QR code yang otomatis mencatat nama, nomor telepon hingga alamat, semua akan ter-record dengan baik, kami pastikan itu. Kemarin kami sudah cek dan kami sudah mempraktikkan dan memang benar bahwa cared+ (aplikasi QR code) berfungsi dengan baik,” tegasnya. (Fxh)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *