Ini Dia Taman Buatan Dalam Kota Terluas di Indonesia

Jakarta – Museum Rekor Indonesia (Muri) memberikan rekor baru untuk perusahaan properti dengan taman buatan terluas di Indonesia. Tamannya ini terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Tepatnya di Meikarta yang bernama Central Park, ruang terbuka hijau berisi danau buatan serta bermacam jenis tanaman dan satwa, juga aneka arena bersifat human interest.

Sedikitnya ada 12 arena unik di area Central Park seluas 105 hektar ini yang bisa dinikmati penghuninya maupun pengunjung, di antaranya Jogging Track, Rumah Hobbit, Jembatan Cinta, Taman Hewan (Mini Zoo), Gembok Cinta, Carousell, Sepeda Tandem, Lapangan Futsal Rumput, Taman Pergola Cinta, Container Shop, hingga Large Children Playground.

“Selain itu, di Central Park ini ada lahan dengan tanaman hijau yang memang kini jarang ditemukan di pusat kota di Indonesia,” kata CMO Meikarta Lilies Surjono dalam keterangan tertulis, Kamis (5/11/2020).

Muri mengapresiasi konsep taman terbuka hijau yang sangat luas, lengkap dengan danau buatan yang berada di tengah kota ini.

“Dengan adanya taman di tengah kota, maka akan menjadikan keseimbangan antara kemajuan teknologi dengan konsep back to nature,” kata manajemen Muri.

Lilies melanjutkan, ada sekitar 96 ribu tumbuhan yang telah ditanam di area Central Park. Sementara dalam upaya penghijauan yang dilakukan oleh Meikarta ini melibatkan sejumlah warga sekitar dan juga petani lokal.

“Berbagai pohon bertekstur keras seperti randu, beringin, dan pulai juga ditanam di area taman. Selain itu, bunga warna-warni pun turut di tanam agar tidak hanya terlihat hijau, tetapi Meikarta central park juga akan menjadi lebih cantik,” paparnya.

Di dalam central park terdapat sebuah danau yang memiliki luas 50 hektar dengan daya tampung maksimal 300.000 meter kubik merupakan salah satu upaya untuk menghindari banjir.

“Fungsinya sebagai reservoir tentu akan semakin optimal jika didukung dengan adanya pohon hijau di sekitarnya. Central Park Meikarta juga dibuat untuk sebagai sarana rekreasi keluarga. Anda akan menemukan area yang khusus digunakan untuk pejalan kaki untuk ber-olahraga,” katanya.

“Selain itu, Central Park juga menyediakan lapangan rumput yang luas, dengan spot-spot permainan anak seperti Carousel, Rumah Hobbit, Jembatan Cinta, Futsal Rumput, Mini Zoo, dan lain-lain. Anda bisa manfaatkan untuk bersantai dan rekreasi bersama keluarga. Yang pasti Meikarta Central Park dikonsep sedemikian rupa agar bisa ramah dengan keluarga dan anak-anak,” tambahnya.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *