Sad…Kepala Bappenas Beberkan Kondisi RI Terkini Dihajar Pandemi

Jakarta – Pandemi virus Corona (COVID-19) telah menimbulkan dampak yang sangat luar biasa terhadap perekonomian dunia. Tak terkecuali Indonesia yang telah dilanda resesi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa mengatakan sudah 2,5 juta orang telah kehilangan pekerjaan sejak Indonesia dilanda resesi.

“Untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan, Indonesia telah mengalami krisis. 2,5 juta penduduk sudah kehilangan pekerjaan dan dalam beberapa bulan saja sejak pandemi terjadi,” kata Suharso dalam acara US-Indonesia Investment Summit ke-8 yang digelar virtual, Kamis (10/12/2020).

Suharso menyebut banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dikarenakan 80% bisnis pendapatannya terdampak. Bahkan, tidak sedikit bisnis yang menyatakan kebangkrutan.

“Hampir 80% bisnis menghadapi penurunan drastis dalam pendapatan mereka sejak pandemi ini. Ada banyak perusahaan yang terpaksa melakukan PHK, World Bank menemukan 6% bisnis telah menyatakan kebangkrutan,” ucapnya.

World Bank sendiri telah memprediksi bahwa 1,4 miliar masyarakat dunia akan jatuh ke jurang kemiskinan imbas pandemi COVID-19 ini.

“Dalam jangka waktu yang sangat pendek, pandemi ini sudah mempengaruhi jutaan kehidupan di seluruh dunia. World Bank memperkirakan resesi dan pandemi akan menyebabkan 1,4 miliar juta jiwa akan jatuh ke jurang kemiskinan,” tandasnya.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *