BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang-Petir di Yogya

Sleman – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini akan diguyur hujan. Menurut BMKG, terdapat juga potensi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa daerah.

“Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Sleman, Kulon Progo utara, Bantul utara, dan Kota Yogyakarta,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Rabu (16/12/2020).

BMKG memaparkan cuaca DIY pada pagi hari terdapat potensi hujan sangat ringan-ringan di Gunungkidul selatan.

Sementara cuaca wilayah DIY pada siang-sore hari terdapat potensi hujan sedang-lebat terjadi di Sleman, Kulon Progo utara, Bantul utara, dan Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, BMKG memaparkan pada malam hari terdapat potensi hujan ringan di Gunungkidul. Kemudian pada dini hari ada potensi hujan sangat ringan-ringan di Bantul, Sleman, Kota Yogyakarta dan Kulon Progo.

Lebih lanjut, suhu udara wilayah DIY menurut BMKG berkisar antara 23-31 °C dengan kelembapan udara mencapai 65-90 persen. Angin bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan maksimum 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan selatan Yogyakarta berkisar antara 1,5-2,5 meter (kategori sedang). Prakiraan cuaca ini berlaku 24 jam mulai pukul 07.00 WIB.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *