3 Bulan BSI Beroperasi, Direksi Ungkap Karyawan Masih Adaptasi

Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah beroperasi selama lebih dari 3 bulan. Wakil Direktur Utama 1 BSI Ngatari mengatakan, saat ini internal perseroan, dalam hal ini karyawan masih beradaptasi dengan budaya kerja baru.

Ngatari mengatakan, adaptasi itu dilakukan karena karyawan berasal dari 3 bank yang berbeda, dan kini menjadi 1. Perlu diketahui, BSI adalah gabungan dari 3 bank syariah milik BUMN, yakni Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah. Ketiga bank syariah tersebut resmi merger menjadi BSI, dan beroperasi sejak 1 Februari 2021 lalu.

“Sejak 1 Februari kemarin sudah all out, yang akan kami selesaikan paling lambat di bulan Oktober. Jadi pada saat ini kami all out, di samping juga melakukan pengembangan bisnis. Kedua, tantangan kami yaitu sedang merapikan culture. Karena kita merupakan gabungan 3 bank, cara kerja yang berbeda saat ini sedang kami satukan, mudah-mudahan ke depannya lancar,” kata Ngatari dalam konferensi pers virtual Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan BSI, Kamis (6/5/2021).

Menambahkan Ngatari, Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, adaptasi para karyawan sebenarnya tak terlalu sulit karena adanya program yang dicanangkan Kementerian BUMN untuk seluruh perusahaan pelat merah yakni AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

“Ini tidak terlalu susah bagi karyawan di 3 bank setelah merger ini untuk melakukan adaptasi. Apapun perilaku spesifik itu sudah mirip sebetulnya. Memang kita harus terus mengulang lagi dalam internalisasi budaya ini diingatkan lagi agar lebih kuat,” ungkap Hery.

Selain adaptasi karyawan, sebenarnya perseroan juga punya tantangan utama, yakni integrasi data nasabah dari 3 bank menjadi 1.

“Kita juga harus menyelesaikan integrasi ya rekening ataupun nasabah-nasabah yang berasal dari BRIS, BNI Syariah, dan BSM ke rekening BSI,” urainya.

Hery mengatakan, hingga saat ini integrasi masih dilakukan secara bertahap. “Proses operasional merger ini, atau pun pemindahan nasabah/rekening ini ke teknologi atau sistemnya BSI sudah selesai. Ini bertahap kami kerjakan, mulai dari Makassar, mungkin nanti Aceh bulan Juni. Ini adalah tantangan yang terus berjalan,” tandas Hery.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *