Apple Rilis MacBook Pro Baru dengan Notch di Layar

Liputan6.com, Jakarta – Apple mengumumkan MacBook Pro terbaru dengan dua pilihan ukuran layar, yakni 14 inci dan 16 inci. Kedua MacBook Pro ini didukung chipset M1 Pro dan M1 Max, chipset pro pertama yang dirancang untuk Mac.

Keduanya tergabung dalam lini MacBook Pro yang didukung chipset M1, bersama dengan MacBook Pro 13 inci.

Senior VP Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak mengatakan, “Kami menciptakan notebook pro terbaik di dunia dan kini kami mengumumkan MacBook Pro terbaru dengan chipset M1 Pro dan M1 Max, sebagai game changer performa, kekuatan baterai yang tak tertandingi, dan fitur-fitur terbaik.”

MacBook Pro terbaru ini, kata dia, didukung layar XDR, lebih banyak port (termasuk MagSafe 3), kamera 1080p, enam speaker sound system, serta desain baru.

Chipset M1 Pro dan M1 Max sama-sama Max didukung CPU 10-core. M1 Pro memiliki GPU 14 atau 16 core sementara M1 Max memiliki opsi GPU 24 atau 32 core.

Mengutip The Verge, Selasa (19/10/2021), kedua MacBook Pro memiliki opsi RAM standar 16GB dan bisa diupgrade hingga 32GB (M1 Pro) dan 64GB (untuk M1 Max).

Untuk harga, MacBook Pro 14 inci dimulai dari USD 1.999 (setara Rp 28,1 juta) dan MacBook Pro 16 inci akan dijual mulai dari USD 2.499 (setara Rp 35,1 jutaan).

Desain

Pada versi terbaru ini, Apple mendesain ulang tampilan MacBook Pro-nya yang tidak pernah mengalami banyak perubahan sejak 2016. Antara lain, Apple melengkapi MacBook Pro baru ini dengan Magic Keyboard, lampu latar pada tombol, dan menampilkan baris fungsi ketikan penuh.

Tombol fungsi fisik, termasuk tombol escape key yang lebih lebar, menggantikan Touch Bar. Keyboard baru ini dilengkapi trackpad Force Touch.

Dari sisi layar, untuk pertama kalinya MacBook Pro menggunakan Liquid Retina XDR Display yang didukung teknologi mini-LED (sebelumnya dipakai di iPad Pro). Layarnya diklaim mampu menghasilkan tingkat kecerahan hingga 1.600 nits.

Apple juga menyebut, MacBook Pro terbaru ini menampilkan warna lebih vivid, hitam yang lebih pekat, dan pengguna bisa melihat lebih detail.

Layar MacBook Pro juga memiliki refresh rate 120Hz dengan teknologi ProMotion.

Masih soal layar, desain MacBook Pro kali ini juga berbeda karena bezelnya lebih tipis. Apple juga menambahkan notch untuk mempatkan kamera.

MacBook Pro 14 dan 16 inci ini sama-sama didukung kamera 1080p FaceTime HD. Berkat chipset M1 Pro dan M1 Max, kualitas komputasi video pun bisa meningkat sehingga menampilkan gambar pengguna tampak lebih tajam di video.

Port dan Baterai

Kedua model MacBook Pro sama-sama didukung tiga port Thunderbolt 4, slot kartu SDX untuk mempercepat akses media, port HDMI yang bisa menghubungkan laptop dengan layar atau TV.

MacBook Pro juga didukung MagSafe 3 yang membuat koneksi pengisian daya lebih mudah dan cepat, sekaligus melindungi MacBook Pro. Untuk pertama kalinya, pengisian daya 50 persen hanya butuh waktu 30 menit.

Apple mengklaim, dalam sekali pengisian daya, model 14 mampu mendukung video playback hingga 17 jam, 7 jam lebih dibanding versi sebelumnya.

Sementara MacBook Pro 16 inci bisa tahan 21 jam untuk video playback, 10 jam lebih banyak dibandingkan versi sebelumnya.

Apple mengklaim, MacBook Pro 14 dan 16 inci terbaru ini punya kekuatan daya terbaik dibanding sebelumnya.

Sumber : Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *