Apa Itu NFC? Cara Kerja dan Daftar Ponsel yang Memilikinya

Penggunaan apa itu NFC sekarang menjadi universal. Sama seperti Bluetooth dan Wi-Fi, dan segala macam sinyal nirkabel lainnya, NFC bekerja berdasarkan prinsip pengiriman informasi melalui gelombang radio. NFC adalah fitur yang banyak dicari pada sebuah ponsel atau gawai.

Berikut pengertian apa itu NFC dan cara kerjanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(25/10/2021).

Apa itu NFC?

Apa itu NFC adalah singkatan dari Near field communication. NFC adalah adalah metode transfer data nirkabel yang mendeteksi dan kemudian memungkinkan teknologi dalam jarak dekat untuk berkomunikasi tanpa memerlukan koneksi internet. Apa itu NFC adalah salah satu solusi bertransfer data yang mudah dan cepat.

NFC adalah adalah teknologi konektivitas nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat berkemampuan NFC berkomunikasi satu sama lain. Apa itu NFC sering digunakan untuk melakukan pembayaran secara cashless. Saat ini, ratusan juta kartu nirsentuh dan pembaca di seluruh dunia menggunakan teknologi NFC dalam berbagai aplikasi.

Cara kerja NFC

Cara kerja NFC bekerja berdasarkan prinsip pengiriman informasi melalui gelombang radio. Perangkat harus mematuhi spesifikasi tertentu agar dapat berkomunikasi satu sama lain dengan benar. Teknologi yang digunakan dalam NFC didasarkan pada ide-ide lama RFID (Radio-frequency identification), yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

NFC sebenarnya sudah ada pada kartu kredit atau debit saat ini. Chip NFC beroperasi sebagai salah satu bagian dari tautan nirkabel. Setelah diaktifkan oleh chip lain, sejumlah kecil data di antara kedua perangkat dapat ditransfer saat dipegang beberapa sentimeter dari satu sama lain.

Tidak ada kode pasangan yang diperlukan untuk menghubungkan dan karena menggunakan chip yang berjalan pada jumlah daya yang sangat rendah. Ini jauh lebih hemat daya daripada jenis komunikasi nirkabel lainnya.

Chip NFC yang disimpan di dalam kartu kredit untuk pembayaran tanpa kontak bukanlah hal baru. Tetapi NFC yang dipasangkan pada gawai, termasuk terobosan terbaru teknologi saat ini. Hampir setiap pembuat OS seluler memiliki aplikasi mereka sendiri yang menawarkan fungsionalitas NFC yang unik.

Fungsi NFC

Mentransfer data

Fungsi apa itu NFC adalah untuk mentransfer data layaknya Bluetooth atau WiFi. Pengguna dapat melakukan transfer data berupa foto atau file lain tanpa harus melakukan proses pairing seperti Bluetooth.

Cukup tempelkan atau dekatkan kedua perangkat satu sama lain, maka data akan ditransfer dengan aman. Namun, karena tingkat kecepatan transfer yang hanya berkisar 106kbit/s, 212kbit/s dan 424kbit/s, proses transfer dalam kapasitas besar akan memakan waktu yang cukup lama.

Pembayaran Nirkabel atau Cashless

Saat ini berbagai layanan dompet elektronik sudah menggunakan sistem NFC untuk melakukan aktivitas pembayaran. Tak perlu kartu atau membuka lama aplikasi dompet digital, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan aman.

Cukup tempelkan smartphone pada perangkat NFC yang tersedia maka NFC akan memberi rincian data untuk proses pembayaran dengan cepat. Fungsi NCF ini sudah makin dimanfaatkan dalam kegiatan transaksi yang aman dan nyaman.

Berkoneksi dengan NFC Tag

NFC tag adalah perangkat NFC pasif yang menghubungkan suatu fitur dengan perangkat yang ber NFC. Misalnya, jika Anda memiliki NFC tag yang terpasang dirumah, Anda bisa menempelkan smartphone ke NFC tag untuk mengubah smartphone ke mode silent secara otomatis tanpa harus membuka smartphone.

NFC tag berguna untuk membuka aplikasi secara otomatis, menandai dan memberi tahu suatu lokasi, membuka tautan tertentu, dan berbagi informasi lain.

Akses Smart card

NFC juga mampu membaca data berbagai macam smart card. Anda dapat mengecek dan mengisi saldo uang elektronik, bahkan mengecek identitas e-ktp.

Bermain Game Online

NFC dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan beberapa pemain dalam game online ke suatu room dengan cepat. Dengan syarat, game tersebut sudah mendukung fitur NFC.

Sumber : Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *