Pesan Sekaligus Bayar Tiket di Visiting Jogja Dapat Diskon 50 Persen

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY tengah menghadirkan program insentif dengan potongan harga atau diskon khusus sebesar 50 persen di beberapa destinasi wisata untuk tiket masuknya. Pemberian diskon ini dikhususkan bagi wisatawan yang melakukan reservasi tiket sekaligus pembayaran non tunai menggunakan Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) melalui aplikasi Visiting Jogja. Tujuan program diskon tersebut guna mendorong budaya reservasi online dan cashless yang perlu digalakkan di DIY di masa pandemi Covid-19.

“Kami memberikan diskon tidak tanggung-tanggung sebesar 50 persen untuk pembelian tiket masuk beberapa tempat wisata di DIY. Syaratnya melakukan reservasi dan pembayaran secara langsung dengan QRIS di Visiting Jogja. Bagi yang melakukan reservasi tetapi tidak membayar secara langsung tetapi di tempat, maka kita belum memberikan diskon,” kata Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo kepada KRJOGJA.com, Kamis (11/11/2021).

Singgih menyatakan program insentif pemberian diskon tersebut dalam rangka mendorong pariwisata dengan membudayakan reservasi dan pembayaran langsung secara online atau non tunai. Sehingga rencana kunjungan wisata itu dikelola dengan baik dan akan mengurangi resiko antrian di loket.

“Kita berikan diskon ini guna mendorong wisatawan agar melakukan reservasi tiket dan pembayaran non tunai melalui QRIS yang ada di Visiting Jogja,” tegasnya.

Dirinya mengakui pola reservasi online menggunakan aplikasi Visiting Jogja ini belum maksimal, maka pihaknya meluncurkan diskon pembelian tiket sebesar 50 persen ini. Potongan harga tiket ini pun hanya ada di beberapa destinasi wisata yang telah memiliki Visiting Jogja yang telah terintegrasi dengan QRIS. Untuk itu, belum semua destinasi wisata yang di Visiting Jogja diberikan diskon karena belum mempunyai QRIS untuk pembayaran secara online. Sebelumnya, pihaknya telah menggandeng Bank BPD DIY yang menanamkan QRIS dalam Visiting Jogja.

“Ada 127 destinasi di DIY yang sudah tergabung dalam Visiting Jogja lalu tutup kembali karena PPKM Darurat dan PPMK Berlevel. Kemudian ada ujicoba pembukaan dan ada 6 destinasi yang sudah terintegrasi dengan QRIS Bank BPD DIY yang ada di Visiting Jogja. Kini kita perlahan menghidupkan kembali beberapa destinasi yang akan melakukan pembukaan kembali,” tutur Singgih.

Hal ini merupakan upaya guna memberikan pelayanan lebih mudah dan lebih sehat untuk wisatawan melakukan kunjungan ke destinasi serta aktivitas event dan sebagainya.

Dispar DIY semua menyarankan semua wisatawan yang mengunjungi DIY sebelum berkunjung sudah mengunduh dan melakukan reservasi kunjungan hingga pembayaran dengan Visiting Jogja, dengan demikian akan mengurangi resiko terpapar Covid-19 atau kontak fisik dengan orang lain.

“Ada kerjasama yang kami harapkan antara wisatawan dan pengelola sehingga tercipta suasana yang lebih kondusif. Bagi destinasi wisata yang belum terkoneksi dengan QRIS tetap bisa melakukan reservasi di lokasi destinasi langsung. QRIS memungkinkan transaksi keuangan dilakukan tanpa uang tunai dan tidak membutuhkan pertemuan fisik sehingga sangat sesuai digunakan pada situasi pandemi,” pungkas Singgih. (Ira)

Sumber : KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *