6 Jenis Buah yang Sangat Cocok Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan

Merdeka.com – Dalam menurunkan berat badan, jenis makanan yang tepat untuk kita konsumsi merupakan sebuah hal yang penting. Jenis makanan yang tepat bisa sangat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Sebaliknya, makanan yang tidak tepat bisa membuatmu kesulitan dalam menurunkan berat badan. Oleh karena itu, hal ini tidak boleh disepelekan begitu saja.

Makanan seperti sayur dan buah merupakan hal yang penting dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Walau begitu, sejumlah buah bisa bermanfaat lebih baik dalam menurunkan berat badan.

Pilihan buah yang tepat ini bisa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah buah yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Apel dan Raspberi

Apel

Penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa kandungan asam ursolik yang ada di dalam apel bisa membantu meningkatkan thermogenesis atau pembakaran kalori. Selain itu, kandungan ini juga bisa meningkatkan massa otot serta meningkatkan kebugaran fisik.

Penelitian lain pada tahun 2008 membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi pir atau apel bisa lebih sedikit mengonsumsi kalori setiap hari. Hal ini bisa sangat bermanfaat dalam menurunkan berat badan secara efektif.

Raspberri dan Blackberri

Dua jenis buah-buahan berri yang pling baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan adalah raspberri dan blackberri. Keduanya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Penelitian pada 2014 mengungkap bahwa blackberry memiliki kandungan fenolik yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan ini memiliki dampak anti-obesitas yang bisa membuatmu terhindar dari bertambahnya berat badan yang tak diinginkan.

Semangka

Semangka

Semangka bisa memiliki dampak kesehatan yang bagus dan dapat memenuhi asupan air bagi tubuh. Semangka memiliki kandungan air lebih dari 90 persen di dalamnya yang bisa membuatmu kenyang untuk waktu lebih lama.

Bedasar penelitian pada tahun 2019, mereka yang mengonsumsi semangka bisa menurunkan berat badan lebih signifikan. Hal ini terjadi karena konsumsi semangka bisa membuat perut lebih kenyang dalam waktu lama sehingga mencegah kita lebih banyak makan.

Mangga

Mangga bisa jadi pilihan buah yang tepat untuk menurunkan berat badan terutama karena bisa menekan keinginanmu untuk mengonsumsi makanan manis. Mangga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya.

Penelitian pada tahun 2013 mengungkap bahwa mereka yang mengonsumsi mangg cenderung mengonsumsi lebih sedikit gula sehingga hanya ada sedikit penambahan berat badan. Penelitian juga mengungkap bahwa mereka yang mengonsumsi mangga cenderung lebih banyak mengonsumsi serat, vitamin , serta mineral lain.

Alpukat dan Grapefruit

Alpukat

Penelitian pada tahun 2013 mengungkap bahwa walau alpukat memiliki kandungan tinggi lemak, namun hal ini bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Diketahui bahwa mereka yang banyak mengonsumsi alpukat cenderung tak mudah bertambah berat badan serta memiliki lingkar perut yang kecil.

Penelitian lain pada tahun 2019 juga mengungkap bahwa mengganti karbohidrat dengan alpukat bisa membuatmu lebih kenyang pada saat sarapan. Pada percobaan tersebut, walau partisipan mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sama, namun mereka yang mengonsumsi alpukat bisa kenyang lebih lama.

Grapefruit

Grapefruit atau jeruk Bali merah bisa menjadi buah yang sangat membantu dalam menurunkan berat badan. 90 persen kandungan dari buah ini adalah air.

Penelitian pada tahun 2011 mengungkap bahwa konsumsi grapefruit memiliki efek setara dengan konsumsi air putih. Keduanya bisa membantu menurunkan berat badan secara efektif.

Sejumlah buah tersebut sangat baik untuk dikonsumsi terutama ketika kamu menurunkan berat badan. Selain memiliki dampak baik dalam menguruskan tubuh, buah-buahan ini juga bisa berdampak luar biasa bagi kesehatan. [RWP]

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *