Ciri Khas Gaya Scandinavian adalah Konsep Natural, Ini Contoh Penerapannya!

Desain gaya Scandinavian adalah desain yang mengusung konsep khas negara-negara Skandinavia. Wilayah Skandinavia sendiri terdiri dari beberapa negara Eropa yang terdiri dari Norwegia, Denmark, Islandia, Finlandia, dan Swedia. Negara-negara tersebut berada pada kawasan Skandinavia yang memiliki desain gaya bangunan yang indah. Saat ini desain gaya Scandinavian cukup populer dan banyak diterapkan di rumah-rumah masa kini.

Kepopuleran gaya Scandinavian ini tidak hanya populer di Indonesia. Di beberapa negara lain gaya khas rumah Scandinavian ini juga cukup digandrungi. Bagi Anda yang berencana merombak rumah dengan desain gaya Scandinavian. Berikut ini beberapa inspirasi gaya Scandinavian untuk Anda!

1. Desain Ruangan yang Menggunakan Warna Netral

Ciri khas dari rumah Scandinavian menggunakan warna-warna netral sebagai warna yang mendominasi ruangan. Warna-warna netral tersebut memiliki warna yang terang seperti putih, biru muda, coklat muda, dan warna-warna pastel lainnya. Kesan nyaman dan elegan yang ditimbulkan dari penggunaan warna netral pada ruangan membuat suasana lebih rileks.

2. Jendela yang Relatif Besar

Gaya desain rumah khas Scandinavian adalah dengan adanya jendela yang berukuran relatif besar akan menghemat pengeluaran listrik karena telah tersedia pencahayaan alami yang begitu terang. Rumah bergaya Scandinavian cenderung memiliki konsep warna-warna yang terang. Selain menggunakan warna yang terang ciri khas rumah Scandinavian memiliki pencahayaan alami yang cukup. Sehingga ruangan akan terlihat cerah dan nyaman.

3. Penggunaan Interior Khas Scandinavian

Supaya rumah lebih kental akan nuansa khas Scandinavian Anda perlu menggunakan interior bergaya khas Scandinavian mulai dari karpet, gorden, hingga taplak meja yang terlihat hangat dan tidak kaku karena konsep Scandinavian sedikit sekali menggunakan warna-warna mencolok.

4. Menggunakan Material Kayu dan Warna Mencolok

Kehadiran material kayu pada gaya rumah Scandinavian juga tidak boleh ditinggalkan. Interior berbahan kayu juga menjadi salah satu faktor dalam menerapkan konsep Scandinavian. Penggunaan interior khas Scandinavian berbahan kayu ini juga akan memberikan kesan hangat. Material kayu umumnya mendominasi ruangan, biasanya material kayu digunakan untuk lantai, langit-langit, dan perabotan rumah.

Dalam pemilihan warna cat kayu biasanya tinggal menggunakan warna-warna yang mencolok. Warna putih terang dan coklat muda umumnya mendominasi warna interior kayu pada rumah bergaya Scandinavian.

5. Terapkan Aksen Rustic Bergaya Scandinavian

Penggunaan perabot kayu bergaya rustic merupakan salah satu unsur aksen umum yang dapat dipadukan pada ruangan di rumah untuk memaksimalkan gaya Scandinavian yang didapat. Selain itu bisa diterapkan pada kamar. Penggunaan bangku kayu dan ranjang tidur rustic bergaya Scandinavian juga cocok untuk kamar anak-anak.

6. Penggunaan Perabot Sederhana

Rumah bergaya Scandinavian cenderung terlihat elegan dan tidak terlalu memiliki aksen yang terlalu mencolok. Sehingga penggunaan perabot pada ruangan lebih terkesan simpel tanpa banyak desain perabot yang rumit. Seperti pada penggunaan kursi, meja, lampu meja dan lainnya.

7. Adanya Dekorasi Natural Sebagai Pelengkap Interior

Dalam konsep rumah bergaya Scandinavian Anda tidak perlu meluangkan waktu dan menghabiskan uang untuk membeli barang-barang dekorasi yang terlalu mewah atau mencolok. Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya bahwa konsep rumah bergaya Scandinavian lebih didominasi dengan konsep natural dengan sedikit aksen yang mencolok. Sehingga dalam penggunaan dekorasi pun cukup dengan menggunakan tanaman indoor atau dapat juga dipadukan dengan dekorasi yang terbuat dari material kayu untuk menampilkan kesan natural.

Itulah beberapa inspirasi desain bergaya Scandinavian yang dapat Anda terapkan di rumah. Gaya desain seperti ini cocok diaplikasikan untuk Anda yang menyukai konsep rumah sederhana namun tetap terlihat modern karena pada dasarnya konsep gaya Scandinavian adalah bergaya natural dengan nuansa yang elegan.

Sumber : Courtina.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *